Rabu, 05 Agustus 2009

Artikel tentang NewsGroup

Kelompok berdiskusi di Internet. Diskusi sendiri dapat diatur dalam bentuk unmoderated atau moderated. Untuk unmoderated, setiap peserta dapat mengirimkan komentarnya. Sedangkan untuk moderated untuk memasukan komentar harus melewati seorang moderator, moderatorlah yang menyeleksi pesan-pesan yang boleh dimasukkan ke dalam diskusi, baik menyeleksinya atau menyeleksinya terlebih dahulu. Beberapa newsgroup menyediakan layanan mailing list yang dikirimkan melalui e-mail. Dengan tersedianya layanan mailing list ini, maka setiap pesan yang masuk dikirimkan kepada anggota yang terdaftar dalam kelompok diskusi tersebut. Jika diskusi yang terjadi cukup banyak mendapat respon, maka para anggota dapat mengatur periode pengiriman pesan dengan melakukan status digest pada cara pengiriman pesan diskusi ke e-mail yang bersangkutan.

Moderated

Bentuk diskusi dalam newsgroup atau mailing list yang diatur oleh moderator, artinya komentar hanya bisa dimuat dalam suatu diskusi apabila telah disetujui oleh moderator. Moderator berhak menolak pemuatan suatu komentar dari anggota diskusi dengan tidak melanjutkannya kepada anggota diskusi, atau moderator dapat menerima pesan tersebut untuk dimuat dalam diskusi dengan langsung menyetujuinya atau dengan mengedit terlebih dahulu. Bentuk lain yang bisa diatur untuk skema diskusi adalah unmoderated atau siapapun dapat berkomentar tanpa harus diseleksi oleh moderator.

Unmoderated

Bentuk diskusi dalam suatu newsgroup atau mailinglist, dimana setiap anggota dapat mengirimkan komentarnya dalam suatu diskusi tanpa perlu mendapatkan persetujuan dari moderator. Bentuk lainnya adalah Moderated, dimana setiap komentar dari anggota diskusi harus melalui moderator terlebih dahulu, moderatorlah yang menentukan apakah komentar tersebut akan diterima atau ditolak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar